LOPORAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI
GM
SERVISE
MEMBAHAS
MENGENAI REM CAKRAM,REM TROMOL
DISUSUN
OLEH
NAMA : YudaApriady
NIS : 121310440
KELAS : XII TKR 5
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA GARUT
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 GARUT KELOMPOK TEKNOLOGI DAN INDUSTRI
Jalansuherman No. 90 PO BOX 103
Telp. /Fax. 0262-233141 Garut
e-mil :smknegeri2garut@yahoo.co.id
LEMBAR
PENGESAHAN LAPORAN PRAKTIK INDUSTRI
Hari : jumat
Tanggal : 17 Oktober 2014
PEMBIMBING
Pembimbing Industri
Iwan Sopiansyah, S.Pd Yanyan Hadiana
NIP:
Ketua Praktik Industri Ketua Program
H.
Gusti Gunawan,S.
Pd Nando Susanto,S.Pd
NIP:196507061989031011 NIP:19700041998011001
KATA
PENGANTAR
Bismillahirohmanirrohim,puji
syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kepada kehadirat Allah SWT, shalawat dan
salam saya panjatkan kepada jungjungan Nabi besar kita sayyidina Muhammad SAW.
Laporan
ini ditulis untuk memenuhi salah satu persyaratan dan laporan tentang pekerjaan
yang penulis lakukan selama prakerin di bidang Teknik Kendaraan Ringan
(TKR).Saya menyadari bahwa penyusunan laporan ini tidak lepas dari bantuan dan
dorongan dari berbagai pihak.
Kami
ucapkan banyak terimakasih kepada :
1. Bapak
Drs. H. Aban Suryana,Msi sebagai Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Garut
2. Bapak
H. Gusti Gunawan,S.Pd selaku Ketua Program Industri
3. Bapak
Nando Susanto ,S.Pd selaku Ketua Program Keahlian
4. Bapak
Yanyan Hadiayana selaku Direktur GM
Service
5. Bapak
Asep selaku Pembimbing di Industri
6. Bapak
Iwan Sopiansyah, S.Pd selaku Pembimbing di Sekolah
7. Semua
pihak yang membantu dalam pelaksanaan Praktik Industri
Meski penulis telah
berusaha untuk sebaik-baiknya namun penulis menyadari bahwa laporan ini masih
banyak kekurangan.Oleh karena itu penulis mengharapkan dan menerima kritik dan
saran yang sifatnya membangun demi perbaikan dan kelancaran untuk kedepannya.
Mohon maaf dari penulis
apabila ada kata atau tulisan yang kurang berkenan dan kurang benar dalam
laporan ini.Semoga laporan ini bermanfaat dan berguna untuk semuanya.
Garut,2
Oktober 2014
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL..........................................................................................
i
PENGESAHAN LAPORAN.......................................................
ii
KATA
PENGANTAR..................................................................
iii
DAPTAR
ISI................................................................................. iv
BAB
I PENDAHULUAN............................................................. 1
1.1
Latar Belakang........................................................................... 1
1.2
Tujun Pembuatan Laporan......................................................... 1
1.3
Pembatasan Ruang Lingkup...................................................... 1
BAB
II KAJIAN TEORITIS…..................................................... 2
2.1
Rem Cakram............................................................................... 2
1. Tinjauan Umum............................................................................ 2
2. Kontruksi/ Model.......................................................................... 3
3. Komponen dan Fungsi.................................................................. 4
4. Cara Kerja..................................................................................... 4
5. Gangguan-Gangguan.................................................................... 4
6. Keselamatan Kerja ........................................................................ 4
7. Alat dan Bahan.............................................................................. 5
2.2
Rem Tromol................................................................................ 5
1. Tinjauan Umum............................................................................ 5
2. Kontruksi/
Model.......................................................................... 5
3. Komponen dan Fungsi.................................................................. 6
4. Cara
Kerja..................................................................................... 7
5. Gangguan-Gangguan.................................................................... 7
6. Keselamatan Kerja........................................................................ 7
7. Alat dan Bahan.............................................................................. 7
BAB
III PELAPORAN.................................................................. 8
3.1
Rem Cakram............................................................................... 8
-Langkah Pembongkaran.................................................................. 8
-Pemeriksaan.................................................................................... 8
-Kesimpulan Gangguan.................................................................... 8
-Langkah Pemasangan...................................................................... 9
-Cara
Penyetelan............................................................................... 9
3.2 Rem Tromol................................................................................ 9
-Langkah Pembongkaran.................................................................. 9
-Pemeriksaan..................................................................................... 9
-Kesimpulan Gangguan..................................................................... 10
-Langkah Pemasangan....................................................................... 10
-Cara
Penyetelan................................................................................ 10
BAB
IV PENUTUP……………………………………… 11
Kesimpulan……………………………………………………… 11
Saran…………………………………………………………….. 11
Penutup…………………………………………………...……… 11
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pelaksanaan praktek
kerja industri sebagai perwujudan dari upaya peningkatan mutu tamatan Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK).Pada prosesnya dilaksanakan dalam dua tempat yaitu di
Sekolah dan Didunia Industri/Usaha. Dalam mencapai tujuan relevasi pendidikan
dengan tuntutan Dunia Industri/Usaha juga siswa akan memiliki kemampuan kerja
yang meliputi :
1. Kemampuan
Kerja
2. Motivasi
Kerja
3. Inisiatif
4. Kreatifitas
5. Hasil
Kerja yang Berkualitas
6. Disiplin
Waktu
7. Rajin
dalam Bekerja
Siswa juga akan
mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan sebagai latihan kerja sebelum
terkait atau bersangkutan dalam dunian perindustrian, supanya mengerti apa itu
tanggung jawab dan akibatnya ketika tidak bertanggung jawab saan akan melakukan
pekerjaan di tempat industry.
1.2 Tujuan Pembuatan Laporan
Tujuan yang ingin dicapai
penulis dalam pelaksanaan prakerin ini adalah :
1. Untuk
memenuhi salah satu tugas dari SMK Negeri 2 Garut .
2. Sebagai
laporan hasil praktik kerja industry (Prakerin).
3. Agar
siswa mampu mengolah sebuah data menjadi fakta dalam bentuk laporan.
4. Agar
mampu mengumpulkan data-data tentang Ilmu Pengetahuan melalui praktik kerja
lapangan untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan sekolah.
1.3 Pembatasan Ruang Lingkup
1. Rem
Cakram
2. Rem
Tromol
BAB II
KAJIAN TEORITIS
Ø Rem Cakram
Rem Cakram adalah
perangkat pengereman yang di gunakan pada kendaraan modern.Rem cakram berfungsi
untuk memperlambat dan menghentikan laju kendaraan.Rem ini bekerja dengan
menjepit cakram atau piringan yang biasanya di pasang pada roda depan tetapi
itu pada jenis kendaraan seperti SUZUKI Futura,Avanza,Xenia,dll tetapi tidak
semua kendaraan memakai rem cakram pada roda depan ada juga yang memakai pada
roda belakang sepertu jenis kendaraan Sedan.
1.
Konstruksi
Model
·
Sliding Caliper
Medel ini caliper yang
mempunyai dua piston mendorong keluar kanvas
rem ke salah satu sisi, tetapi pada saat yang sama juga mendorong keluar
kanvas rem ke arah yang berlawanan sehingga penekanan dapat merata dengan
tenaga pengereman yang kecil.
·
Fixes
Caliper
Model ini mempunyai dua
piston yang terletak diantara kedua sisi cakram. Jika terjadi pengereman piston
akan mencekram cakram dengan sama besar.
·
Gambar
Rem Cakram
2.
Komponen
dan Fungsi
·
Piringan
Umumnya piringan
terbuat dari besi tuang dan terdapat lubang-lubang untuk ventilasi. Fungsinya untuk
menerima gesekkan dari pad rem pada saat pengereman dilakukan.
·
Caliper
Caliper adalah komponen rem
disc yang berguna untuk menerima meneruskan gaya pengereman dari minyak rem
untuk memberikan tekanan pada pad rem. Pada caliper terdapat piston yang
menerima tekanan dari minyak rem dan akan bergerak maju keluar untuk menekan
pad rem. Caliper dipasangkan pada chasis mobil dan tidak bergerak atau diam
saja pada saat roda berputar.
·
Pad
Rem
Pad
rem
adalah komponen rem yang menekan dan bergesekkan dengan disc. Pad rem ini
dipasangkan pada caliper rem dan dapat bergerak maju mundur di saat
piston pada caliper menekannya. Pad rem lebih sering dikenal juga dengan
sebutan kampas rem.
3.
Cara
Kerja
Cara kerja Rem Cakram
adalah dengan menekan pedal rem, maka fluida akan menekan silinder pada roda
yang kemudian silinder roda akan menekan pad rem kemudian pad rem akan menekan
atau menjepit cakram atau piringan dan terjadilah pengereman.
4.
Gangguan-gangguan
·
Kanvas rem sudah tipis
5.
Keselamatan
Kerja
·
Bekerja sesuai dengan petunjuk kerja
·
Gunakan pakaian kerja
·
Gunakan alat sesuai fungsinya
·
Konsentrasi pada pekerjan
·
Bersihkan apabila sudah beres
·
Simpan baud-baud pada tempat yang
memungkinkan seperti pada wadah supaya tidak ada yang kurang waktu
memasangkannya kembali
6.
Alat
dan Bahan
Alat :
1. Kunci
ring pas 17
2. Kunci
sock 17
3. Dongkrak
4. Jack
stand
5. Presan
(untuk mempres piston pada caliper)
6. Kunci
roda
Bahan :
1. Pad
rem atau kanvas rem baru
2. 1
unit mobil SUZUKI Futura
Ø Rem Tromol
1.
Kajian
teoritis
Rem tromol adalah
komponen dari Sistem Prngereman yang ada pada mobil fungsinya dengan rem cakram
yaitu untuk memperlambat dan menghentikan laju kendaraan
2.
Kontruksi
model
3.
Komponen dan fungsi
·
Kanvas : Berfungsi untuk menekan putaran
tromol sepaya terjadi gesekan
·
Paku pengunci : untuk mengunci kanvas
supaya tidak bergerak dan tetap pada posisinya
·
Tromol : menerima gesekan dari kanvas
rem
·
Silinder roda : untuk menekan kanvas ke
tromol
·
Baud penyetel : untuk menyetel kanvas
rem ke tromol dengan cara diputar ke kanan dan kekiri
·
Master silinder : menampung minyak rem
·
Backing plat : tumpuan untuk menekan
putaran sekaligus sebagai dudukan silinder roda
4.
Cara
kerja
Saat pengemudi
menginjak pedal rem master silinder menekan fluida kemudian fluida meneruskan
tekanan ke silinder roda kemudian menekan sepatu rem yang akhirnya sepatu rem
membawa kanvas rem dan menekan tromol dan menimbulkan gesekan antara kanvas dan
tromol gesekan tersebut yang menyebabkan terjadi pengereman
5.
Ganguan-ganguan
Kanvas
rem sudah tipis
6.
Keselamatan
kerja
·
Bekerja sesuai dengan petunjuk kerja
·
Gunakan pakaian kerja
·
Gunakan alat sesuai fungsinya
·
Konsentrasi pada pekerjan
·
Bersihkan apabila sudah beres
·
Simpan baud-baud pada tempat yang
memungkinkan seperti pada wadah supaya tidak ada yang kurang waktu
memasangkannya kembali
·
7.
Alat
dan Bahan
Alat
·
Kunci roda
·
kunci ring pas 14
·
dongkrak
·
jack stand
·
mur 14 (untuk membuka tromol apabila
susuh)
Bahan
·
kanvas rem baru
·
1 unit mobil SUZUKI Futura
BAB
III
PELAPORAN
1.
Rem
Tromol
·
Langkah
pembongkaran
o
Siapkan kanvas baru
o
Longgarkan mur roda
o
Angkat kendaraan
o
Pasang jack stand
o
Lepas roda
o
Lepaskan tromol
o
Lepaskan per pengembali
o
Lepas adjusting scew
o
Lepas paku pengembali
o
Lepas kanvas/sepatu rem
·
Pemeriksaan
Memeriksa sepatu rem
atau kanvas rem sudah tipis atau belum kalau sudah tipis kanvas harus di ganti
·
Pengukuran
Ketebalan minimum : 1,0mm (0,039 in)
Ketebalan standart : 6,0 mm (0,197 in)
Bila ketebalan pelapis sepatu kurang dari nilai minimum, atau terlihat tanda-tanda keausan yang tidak merata, gantilah sepatu rem.
Ketebalan standart : 6,0 mm (0,197 in)
Bila ketebalan pelapis sepatu kurang dari nilai minimum, atau terlihat tanda-tanda keausan yang tidak merata, gantilah sepatu rem.
Kanvas rem yang saya ukur sudah kurang dari batas
minimum yaitu kurang dari 1,0mm
·
Kesimpulan
Gangguan
Jadi kesimpulannya kanvas rem atau sepatu rem sudah
harus di ganti karna sudah melewati batas minimum .
·
Langkah
Pemasangan
o
Pasang kanvas baru
o
Pasang paku pengunci
o
Pasang adjusting scew
o
Pasang per pengembali
o
Pasangkan tromol
o
Pasang roda
o
Angkat kendaraan
o
Turunkan/ lepas jack stand
o
Turunkan kendaraan
o
Kencangkan mur roda
·
Cara
menyetel rem
Cara menyetel rem tromol gunakan obeng min. Putar
penyetel rem ke bawah 2x atau keatas (pastikan penyetel berbunyi saat di putar)
pasang tromol dan putar ke kiri /kanan dan coba lepas kembali. Jika msh terasa
kendor setel kembali rem sedikit demi sedikit sampai tromol terasa agak keras
saat di lepas.
2.
Rem
Cakram
·
Langkah
Pembongkaran
o
Siapkan kanvas baru
o
Longgarkan mur roda
o
Angkat kendaraan
o
Pasangkan jack stand
o
Lepaskan roda
o
Buka pen caliper bawah
o
Tarik pen caliper ke atas
o
Buka kanvas
·
Pemeriksaan
Memeriksa sepatu rem
atau kanvas rem sudah tipis atau belum kalau sudah tipis kanvas harus di ganti.
·
Pengukuran
Pengukuran kanvas saat saya lakukan kanvas tersebut
sudah melebihi batas minimum yaitu sekita 2,0mm
·
Kesimpulan
Gangguan
Kesimpulan dari hasil pengukuran yang tadi di
lakukan bahwa kanvas rem harus segera di ganti karena sudah melibihi batas
minimum apabila tidak di ganti maka akan ada bunyi pada saat pengereman dan
sistem pengereman tidak begitu sempurna.
·
Lagkah
pemasangan
o
Dorong/pres piston caliper
o
Pasangkan kanvas
o
Turunkan pen caliper
o
Pasang pen caliper
o
Pasang roda
o
Angkat kendaraan
o
Ambil jack stand
o
Turunkan kendaraan
o
Kancangkan mur roda
·
Cara
Penyetelan
Dalam sistem rem cakram rem tidak dapat di setelkan
BAB
IV PENUTUP
Ø Kesimpulan
Dari pemaparan diatas, dapat disimpulkan bahwa ketika kita
bekerja disuatu perusahaan atau organisasi dibidang apa saja, sangat menunjang
kita dalam berkarir terutama modal dan berani berspekulasi,bertanggung jawab.
Dengan kesempatan yang ada untuk menuju kesuksesan. Dimanapun kita bekerja
hakekatnya sama saja, yang terutama harus kita miliki adalah keyakinan kita
untuk maju dan pantang menyerah, juga diperlukannya sportifitas dan
kedisiplinan dalam bekerja. Dalam hal ini, ketika kita bekerja disuatu
perusahaan, kita harus mengetahui fungsi dan tugas, dan mengerti pekerjaan.
Dalam otomotif perlunya pemahaman dalam setiap system kerja mesin ataupun
modifikasi.
Ø Saran
Menurut saya
Pelaksanaan Praktik Kerja Industri ( PRAKERIN ) merubah siswa tentang belajar
di Sekolah Menengah Kejuruan. Dalam hal ini siswa menjadi mengerti tentang
segala sesuatu yang diinginkan oleh Dunia Usaha/Dunia Industri.
Ø Penutup
Demikian laporan yang saya tulis
mohon maaf jika terdapat kesalahan atau pernyataan yang kurang benar dalam
makalah ini, karna manusia tempatnya salah dan lupa, namun penulis mengharapkan
kritik dan saran yang bersifat membangun guna penyempurnaan pada karya ilmiah
selanjutnya. Dan penulis
mengucapkan terima kasih kepada pihak – pihak yang mendukung dalam pengerjaan
laporan ini. Harapan penulis agar karya ini dapat berguna dikemudian hari.
Amin.
DAFTAR
FUSTAKA
Buku catetan chasis
Ini tinggal copas trus taruh di ms word mas ?
BalasHapus